Blogfam, Akankah Kau Kembali Lagi?

Terlalu indah dilupakan
Terlalu sedih dikenangkan
Setelah aku jauh berjalan
dan kau ku tinggalkan

Sebait lagu itu mengema menyelimuti telinga saya, saat maknyak, pendiri komunitas ini menandai saya di salah satu status Facebooknya seraya melontarkan ide untuk mengembalikan lagi eksistensi Blogfam di negeri.

Ya, Blogfam. Komunitas blog tertua di Indonesia yang dulu sangat bernyala di dunia maya. Setidaknya serangkaian kegiatan pernah diadakan oleh komunitas ini. Dari lomba masak virtual yang konon meraih penghargaan MURI, menulis buku rame-rame, jumpa penulis, peduli gempa Jogja, dan lain sebagainya. Dalam komunitas ini, saya yang bergabung sejak 2 Mei 2005 12:46 merasakan hangatnya sebuah keluarga walaupun sekadar berbalas posting di forum. Hampir semua ruangan ada tempatnya untuk dibahas, termasuk urusan ranjang. Adakalanya, admin dan moderator mengadakan lomba, sederhana tapi mengena. Hadiah pun tak begitu besar nilainya, hanya sebuah banner buatan panitia dan waktu itu pemenangnya pun  sudah merasa sangat bangga ditandai dengan pemasangan banner di blog mereka.

Dua puluh enam bulan setelah komunitas ini berdiri, komunitas ini memulai babak baru dengan membuat majalah BZ! untuk mewadahi kreativitas anggota. Cukup menarik. Pembuatan majalah ini pun didiskusikan dan dikoordinasikan lewat ruang forum. Tampilannya pun menggunakan  format blog bermesin MovableType. Sayangnya, tenaga penulis kewalahan membagi waktu, hingga dalam waktu sekitar dua tahun saja majalah ini harus berakhir sementara. Sempat dilanjutkan beberapa tahun kemudian dengan format majalah beneran, namun juga akhirnya tak bernyawa.

Penutupan forum selama seminggu dan penggantian mesin dari PHPBB ke SMF agaknya berdampak pada penurunan aktivitas anggota. Hal ini diperparah dengan kepopuleran media sosial saat itu. Hingga akhirnya dengan berat hati forum ditutup untuk selamanya di penghujung tahun 2014.

Kami mencoba menghadirkan kembali artikel-artikel seperti zaman BZ! di beranda Blogfam.com pada 2015, namun akhirnya juga tak ada asa untuk kembali berjaya. Saat ini, kami mencoba mengisi Blogfam.com dengan postingan blog milik anggota (dulu pernah diujicoba di Rumah Blogfam, namun seringkali tak jalan) yang masih aktif ngeblog dan pernah menjadi pengurus di Blogfam. Tujuan kami satu, menyatakan bahwa blogfam tetap ada di hati kami, yang pernah dan masih menyayanginya.

Kalau pun kini Blogfam mau kembali lagi dicoba dibumikan dengan ditandai oleh #BlogfamHomeComing, saya sangat setuju. Mengenai tempat, saya manut saja, toh saya paling hanya melihat dari dunia maya yang indah ini. Yogya mantap, Jakarta oke. Saya hanya berharap, di acara yang diagendakan ini dapat dibahas bagaimana cara agar Blogfam kembali menghiasi Indonesia dengan komunitas yang damai dan berguna bagi nusa dan bangsa. Saya selaku admin siap untuk membantu mewujudkankannya.

Bila kau datang kembali, jawaban apa yang kan kuberi?

Rahasia…. Tunggu tanggal mainnya.

6 thoughts on “Blogfam, Akankah Kau Kembali Lagi?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *